MATA KULIAH SISTEM INFORMASI




Dasar Pemograman ( PYTTHON )

Dasar Pemograman Adalah Suatu Dasar Ilmu Yang Fokus Mempelajari Tentang Suatu Pemrograman Komputer Dengan Menggunakan Bahasa Pemrograman Komputer.

PYTTHON

PYTTHON Adalah Suatu Aplikasi Yang Di Gunakan Untuk Bahasa Pemrograman Yang Banyak Digunakan Dalam Sebuah Aplikasi Seperti WEB, Pengembangan Perangkat Lunak, Ilmu Data, Dan Machine Learning Atau Disebut  (ML).

Kenapa Harus Memilih PYTTHON?
Karena Aplikasi PYTTHON Lebih Efisien & Mudah Untuk Dipahami/Dipelajari Serta Dapat Dijalankan Di Berbagai Platfrom.

Sejarah Perkembangan PHYTON

Phyton pertama kali di buat buat oleh Guadio Van Rossum, ia seorang programer asal belanda dan awal terbitnya phyton pada tahun 1990, nama phyton sendiri di ambil dari sebuah acara TV yang terkenal di Belanda yang bernama Mothy Python Flying Circus yang merupakan acara TV yang di sukai oleh Guadio Van Rossum. 

Berberapa tahun kemudian phyton di tingkatkan kembali supaya lebih baik lagi oleh Guadio Van Rossum pada tahun 1995, pada tahun 2005 phyton kembali mendapat perubahan dari versi 1 hingga versi 3 sampai saat ini. 

Tujuan Pembelajaran Dasar Pemograman ( PYTTHON )
- Memudahkan Manusia Memerintahkan Apa Yang Harus Dilakukan Komputer.
- Sebagai Alat Komunikasi Antara Manusia Dengan Komputer.
- Menggunakan PYTTHON Dapat Menghemat Waktu Karena PYTTHON Mudah Untuk Di Pahami.




Pemograman Terpaket ( SPREADSHEET )

Spreadsheet adalah Suatu Alat Sederhana Yang Bertugas Untuk Memudahkan Seseorang Untuk Membuat, Mengelola, Dan Menganalisis Suatu Data, Dari Kalkulasi Data Yang Sederhana Hingga Menganalisis Suatu Data Secara Otomatis. 

Sejarah Spreadsheet

Spreadsheet berawal dari dua orang mahasiswa yang bernama Bob Frankstone dan Daniel Bricklin dari Massachusetts Institute of Technology (MIT), mereka menciptakan spreadsheet dari seorang profesor yang salah menulis di papan tulis sehingga harus dihapus dan diulang menulis kembali

Daniel Dricklin memiliki ide yang dimana ide tersebut berisi bagai mana cara memperkembangkan sebuah program komputer yang bisa membantu pekerjaannya menjadi lebih mudah. 

Akhirnya mereka menciptakan software pertama mereka yang bernama VisiClac pada tahun 1997, yang hanya berisikan 5 sampai 20 kolom dan hanya bisa di akses dengan apple saja, karena menurut mereka itu belum sempurna akhirnya mereka membuat ViciClac yang lebih mudah di akses dengan menciptakan ViciClac 8-bit dan IBM PC pada tahun 1980. Dengan adanya ViciClac 8-bit dan IBM PC terlahir lah Microsoft Excel pada tahun 1984.

Tujuan Pembelajaran Pemograman Terpaket ( SPREADSHEET ):
- Mempermudah Manusia untuk Membuat, Mengelola, Dan Menganalisis Suatu Data Dengan Mudah.
- Menggunakan SPREADSHEET Manusia Dapat Mengakses Suatu Data Dengan Mudah Dimana Saja.




Pengantar Teknologi Informasi

Pengantar Teknologi Informasi Atau Disebut PTI Mempelajari Tentang Dasar Dari Teknologi Informasi Komputer & Komunikasi Dari Suatu Komputer. 

PTI Juga Menjelaskan Suatu Masalah & Apa Solusi Yang Dapat Diberikan Untuk Masyarakat, Sosial, Dan Suatu Organisasi. 

Sejarah Pengantar Teknologi Informasi

Pengantar teknologi informasi berawal dari Alexander Graham Bell asal Edinburgh, Skotlandia. ia menciptakan sebuah alat yang bernama Telepon pada tahun 1875. 

Dengan berkembangnya zaman akhirnya telepon berkembang juga dan menciptakan sebuah jaringan komunikasi, jaringan komunikasi tersebut menggunakan kabel yang meliputi Seluruh Amerika, beberapa saat kemudian diikuti pemasangan kabel antar atlantik atau disebut transatlantik

Tujuan Pembelajaran Pengantar Teknologi Informasi ( PTI ):
- Mempermudah Melakukan Transaksi Informasi, Komunikasi, Dan Memecahkan Suatu Permasalahan Dalam Aktifitas Manusia.
-




Algoritma Dan Struktur Data

Algoritma Adalah Suatu Rangkaian Yang Terbatas Dari Intruksi - Intruksi Yang Rumit & Sekumpulan Langkah - Langkah Yang Dituliskan Dengan Cara Sistematis Dan Digunakan Untuk Menyelesaikan Masalah Dengan Bantuan Dari Komputer. 

Struktur Data Adalah Suatu Cara Menyimpan Dan Mengatur Suatu Data Dengan Teratur Dan Juga Rapi Dalam Suatu Komputer Sehingat Mudah Untuk Diakses.

Sejarah Algoritma

Algoritma pertama kali di temukan oleh seorang yang bernama Abu Ja`far Muhammad Ibnu Musa Al-Khawarizmi atau dikenal dengan (Al- khawarizmi) ia berkebangsaan persia yang lahir Uzbekistan pada tahun 780 masehi. 

Al-khawarizmi ia adalah seorang pakar dalam bidang geografi, astrologi, astronomi, dan matematika. 

Tujuan Pembelajaran Aalgoritma & Struktur Data:
- Memperkuat Manusia Berfikir Bagai Mana Cara Agar Menyelesaikan Suatu Masalah Menggunakan Logika.
- Melatih Manusia Bagaimana Caranya Menyimpan & Mengatur Suatu Data Dengan Baik & Teratur.





Konsep Sistem Informasi

Konsep Sistem Informasi Adalah Suatu Sistem Yang Ada Disuatu Kelompok Atau Organisasi Yang Mempertemukan Pengolahan Transaksi Harian Yang Sifatnya Manajerial Dengan Suatu Strategi Dari Sebuah Organisasi. 

Tujuan Pembelajaran Konsep Sistem Informasi:
- Membantu Manusia Untuk Lebih Terarah Dalam Melakukan Sesuatu Yang Efektif Dalam Mencapai Tujuannya.




Komputer Dan Masyarakat

Komputer Masyarakat Adalah Suatu Gabungan Antara Suatu Benda Atau Alat ( Komputer ) Dengan Suatu Pengguna Atau User ( Masyarakat ) Dan juga Memperkenalkan Kepada Masyarakat Tentang Sejarah Komputer, Perkembangan Komputer, Teknologi Komputer, Dan Pemanfaatan Komputer Pada Masa Sekarang Kepada Masyarakat.

Tujuan Pembelajaran Komputer & Masyarakat:
- Untuk Memberi Tahu Kepada Masyarakat Bahwa Komputer Itu Penting Dikarenakan Masyarakat Bisa Memanfaatkan Komputer Untuk Berbagai Aktivitas Di Lingkungan Masyarakat.




Pancasila

Pancasila Adalah Suatu Dasar Negara Di Republik Indonesia, Pancasila Mempelajari Bagai Mana Suatu Proses Pembelajaran Yang Bertujuan Untuk Mengenal Apa Itu Pancasila, Kapan Pancasila Dirumuskan, Siapa Saja Yang merumuskan Pancasila, Dan Sejarah Pancasila.

Sejarah Pancasila

Pancasila bermula dari sebuah rapat yang di sebut
Sidang BPUPKI pada 28 Mei sampai 1 juni 1945. BPUPKI di bentuk pada 29 april 1945 ,oleh kumakichi harada, BPUPKI bertugas untuk membahas dan merumuskan pemerintah, HAM, ekonomi negara, dan kerjasama antar negara. 
Kemudian pada 1 juni 1945 ir soekarno memperkenalkan 5 sila, yang terdiri dari perikemanusiaan, demokrasi dan mufakat, internasionalisme, ketuhanan, kesejahteraan sosial. 

Beberapa hari kemudian ir. Soekarno menyatakan pancasila sebagai dasar negara yang sah, kenapa sah? Karena telah melewati beberapa proses dan kesepakatan bersama BPUPKI membentuk panitia 9 untuk menyatakan Pancasila sebagai dasar negara, Makanya setiap tanggal 1 juni diperingati sebagai hari lahirnya Pancasila. 

Berikut isi Pancasila pada rapat piagam jakarta
1. Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat islam bagi pemeluknya
2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
3. Persatuan Indonesia
4. Kerakyatan yang di pimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan
5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia 

Tujuan Pembelajaran Pancasila
- Untuk Meningkatkan Rasa Saling Menghormati Sesama Bangsa Indonesia
- Untuk Memahami Norma-Norma Yang Terdapat Pada Dasar Negara Indonesia
- Untuk Memahami Nilai Dan Prinsip Demokrasi




Agama

Agama Adalah Cara Seseorang Mempercayai Dengan Yang Lebih Mulia Atau Lebih Suci Dari Diri Mereka, Itu Bisa Berupa Tuhan, Patung, Dan Kehidupan Setelah Kematian. Agama Juga Melakukan Ritual & Doa Doa Yang Membimbing Mereka Mencari Makna & Tujuan Hidup Mereka.

Tujuan Pembelajaran Agama:

- Belajar Agama Mengajarkan Kita Bagai Mana Bersikap Sopan & Santun Kepada Orang Yang Lebih Tua Dari kita.
- Belajar Agama Akan Membuat Pikiran & Hati Kita Menjadi Lebih Tenang Untuk Melakukan Suatu Aktifitas
.



Komentar

Postingan Populer