MARI KITA MENGENAL APA SAJA YANG TERDAPAT PADA MOTHERBOAD

 


Bagian-bagian yang terdapat pada motherboard sebagai berikut:

- CPU socket

- Slot RAM

- Power suply

- SATA port

- Baterai CMOS

- PCI slot

- VGA slot

- Audio line

- USB port

- LAN port

- VGA port

- Parellel port

- Serial port

- PS/2 port


1.  CPU socket

Soket CPU berisi sekumpulan kontak listrik yang sejajar dengan pin yang sesuai di bagian bawah CPU. Ketika CPU dipasang ke dalam soket, pin melakukan kontak dengan kontak pada soket, menyediakan sambungan listrik yang diperlukan agar CPU dapat berfungsi.

Soket CPU juga berfungsi sebagai mekanisme pemasangan CPU, yang menahannya dengan aman pada motherboard. Soket menyediakan mekanisme penguncian yang memastikan CPU terpasang dengan benar dan mencegahnya copot selama pengoperasian.

Jenis CPU yang berbeda memerlukan jenis soket yang berbeda, jadi penting untuk memastikan kompatibilitas antara CPU dan motherboard sebelum pemasangan. Mengupgrade CPU sering kali memerlukan penggantian motherboard jika CPU baru memerlukan jenis soket yang berbeda.

Singkatnya, soket CPU adalah komponen penting yang menyediakan sambungan listrik yang aman, stabil, dan listrik antara CPU dan motherboard, memungkinkan CPU untuk berkomunikasi dengan komponen lain dalam sistem komputer. 


2. Slot RAM

Slot RAM adalah bagian pada motherboard yang memiliki fungsi untuk meletakkan RAM. 


3. Powes suply

Bagian ini merupakan komponen berupa pin yang berfungsi untuk menghubungkan motherboard dengan power supply. Jenis power supply yang saat ini banyak digunakan adalah jenis ATX yang membantu mematikan daya komputer tanpa perlu menekan tombol daya. 


4. SATA port

Slot SATA pada motherboard untuk menghubungkan HDD / SSD ke sistem komputer Ini memungkinkan untuk membaca dan menulis data ke disk, yang akan digunakan sebagai media penyimpanan utama untuk sistem operasi, aplikasi, dan data pengguna. 


5. Baterai CMOS

adalah baterai yang bertindak sebagai memori penyimpan informasi konfigurasi CMOS dalam bentuk sinyal listrik, informasi ini dibuat oleh transistor CMOS dengan mengaktifkan fungsi logika menggunakan listrik dalam logam penyimpanan baterai CMOS (misalnya: Lithium 3V). Informasi yang disimpan dapat berupa tanggal dan konfigurasi BIOS Setup Utility. Informasi dalam bentuk frekuensi sinyal listrik yang dibuat oleh transistor CMOS akan ditenegai oleh baterai CMOS, selayaknya memori yang menyimpan informasi.


6. PCI slot

Slot PCI merupakan suatu bagian dalam motherboard yang berfungsi sebagai tempat untuk kartu Eternet, kartu LAN, kartu suara, kartu USB, kartu SATA.


7. VGA slot

VGA card yang juga dikenal sebagai kartu video/tampilan atau adaptor grafis, digunakan untuk memproses dan menampilkan umpan gambar keluaran kemonitor atau tampilan komputer. 


8. Audio line

digunakan untuk menghubungkan komputer dengan sistem audio seperti speaker, mikrofon, line-in dan line-out.


9. USB port

digunakan untuk antarmuka dengan periferal atau peralatan eksternal generasi baru yang menggantikan port paralel dan Serial.


10. LAN port

adalah soket yang digunakan untuk menghubungkan komputer, server, konsol video game, dan perangkat lain ke internet. Mereka biasanya terletak di bagian belakang komputer dan perangkat jaringan dan hanya digunakan untuk membuat koneksi internet berkabel, bukan nirkabel.


11. VGA port

adalah konektor standar yang digunakan untuk output video komputer. Berasal dari IBM PS/2 tahun 1987 dan sistem grafis VGA-nya, konektor 15-pin menjadi umum di PC, serta banyak monitor, proyektor, dan perangkat televisi definisi tinggi.


12. Parallel port

Paralel port umumnya digunakan untuk menghubungkan perangkat scanner dan printer. Pada jenis port ini dapat mengirim data secara bersamaan sehingga informasi yang terkirim lebih banyak. Kecepatan transfer datanya juga lebih tinggi daripada port seri. Paralel port memiliki 25 pin atau lubang transmisi. 


13. Serial port

Serial port berfungsi untuk mentramisikan data jarak jauh secara lambat. Sesuai namanya, serial port bekerja secara seri. Jadi, port ini tidak dapat melakukan pemindahan data sekaligus. Penggunaan port serial sudah banyak ditinggalkan dan telah digantikan dengan port USB dan Firewire.


14. PS/2 port

PS/2 merupakan port khusus yang digunakan untuk menghubungkan keyboard dan mouse khususnya pada jenis komputer lama. Port jenis ini memiliki enam pin dan berbentuk lingkaran.

Komentar

Postingan Populer